Monday, June 5, 2017

Belajar Speaking vs Belajar Grammar

6/05/2017

Selamat datang kembali, Sobat! Setelah beberapa purnama tak menggoreskan tinta tronik di atas sehelai lembar maya, tiba saatnya jemari ini menyisir deretan tombol di depan layar -eh, kok jadi bikin sajak ya- tapi tak apalah Sobat, ini mencerminkan kerinduan saya kepada Sobat semua.
Belajar Speaking di Jogja
Latihan Speaking dengan wisatawan asing

Kali ini blog Kubangjo (Kursus Bahasa Inggris Jogja) tidak akan membahasa teori Bahasa Inggris, akan tetapi mengemukakan antara kebutuhan Speaking dan Grammar. Tidak sedikit praktis Bahasa Inggris yaitu guide wisata, khususnya di Jogja berpendapat bahwa Speaking merupakan yang utama, alasannya, “Buat apa pinter Grammar tapi gak bisa ngomong Bahasa Inggris.” Apakah Sobat pernah mendengar ungkapan seperti itu? Saya yakin sebagian besar dari Sobat pernah mendengarnya.

Kursus Speaking Jogja
Keceriaan bersama teman kusrsus Bahasa Inggris
Ungkapan tersebut benar adanya, memang jangan sampai belajar tata Bahasa Inggris tetapi tak mampu menggunakannya dalam percakapan. Itu seperti seorang tukang pembuat kursi tetapi tak pernah menikmati nyamannya kursi yang ia buat. Dengan kata lain Speaking merupakan tujuan belajar Bahasa Inggris, karena Bahasa itu adalah berbicara alis komunikasi verbal. Pertanyaannya, apakah mampu Speaking dengan baik tanpa menggunakan tata yang baik dan benar?

Jawabannya, tentu saja tidak! Oleh karena itu, pada sisi inilah Grammar dibutuhkan. Sehingga Speaking yang dipraktekan benar-benar dapat difahami baik pada kegiatan sehari-hari terlebih kegiatan keilmuan. Khususnya bagi Anda para akademisi, tentu saja banyak diantara referensi buku Anda yang berbahasa Inggris, di suatu waktu juga pasti Anda akan diharuskan membuat karya dalam Bahasa Inggris.

Grammar sangat berguna untuk menata Speaking dalam Bahasa Inggris, sehingga dapat mengetahui bagaimana struktur kalimat ketika membicarakan masa lampau (menggunakan kata kerja bentuk kedua), masa sekarang (menggunakan kata kerja bentuk pertama), masa yang akan dating (menggunakan will dan kata kerja bentuk pertama), membuat kalimat pasif (menggunakan kata kerja bentuk ketiga), dan masih banyak lagi tata bahasa yang dipelajari dalam Grammar.
Kursus Speaking dan Grammar di Jogja
Berbagai aktivitas kursus Bahasa Inggris

 Meskipun Speaking diharuskan menggunakan tata bahasa yang tepat, untuk tahap belajar maka jangan pernah takut salah ketika berbicara Bahasa Inggris demi membentuk pronunciation dan pembendaharaan kata yang maksimal. Sembari mempelajari Grammar, maka secara bertahap tata Bahasa Inggris Sobat akan terkoreksi dengan sendirinya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Speaking dan Grammar tak dapat dipisahkan seperti gula dan rasa manisnya. Jangan pernah takut salah saat berbicara Bahasa Inggris, perbanyak kosa kata sembari belajar Grammar untuk mengkoreksi kalimat-kalimat yang belum tepat.

Demikian sekilas penjelasan pentingnya Speaking dan Grammar. Bagaiamana Sobat? Sudah menentukan belajar Bahasa Inggris dari sekarang? Untuk informasi kursus Bahasa Inggris bisa Sobat akses di artikel sebelumnya yang berjudul "Kursus Bahasa Inggris di Jogja"
Terima kasih masih setia mengikuti artikel di blog Kubangjo, jangan lupa mengirimkan saran Sobat via nomor WhatsApp di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


0 comments:

Post a Comment